Wednesday, November 04, 2015

Duplikasi Usaha Baju Muslim



Dupikasi Usaha Baju Muslim
Ada permintaan teman teman dalam grup bisnis untuk membuat duplikasi usaha. Istilah COPY PASTE usaha yang sudah jalan. Memang Copy paste adalah salah satu cara dalam berbisnis untuk mengurangi resiko dalam berbisnis. Pengalaman pahit yang saya alami atau pebisnis lain, Anda tidak perlu ulangi lagi. Ingat kalau kita sudah terpuruk dalam bisnis, apalagi banyak hutang sana sini, maka sangat susah untuk bangkit.
Ada keinginan untuk bangkit bersama, maju bersama. Ibarat satu lidi, lidi yang rapuh bila sendiri, dan kuat bila digabung jadi sapu. Srigala hanya makan kambing yang sendirian. Sekarang zaman nya global, pesaing luar negri semakin terbuka, kalau bangsa ini tidak bersatu, khusus nya ummat Islam dalam ekonomi maka akan semakin rapuh dan lemah ekonominya. Apalagi bangsa kita rasa cinta nya terhadapa produk dalam negri kurang dan bahkan sangat kurang.  Bukti nya banyak yang suka merek asing/barang asing daripada produk lokal. Kalau ada produk lokal, tidak sebanding denga produk asing..
Kadang kita merasa sudah mapan, tapi sangat jauh dengan mapan nya orang luar sana. Kalau standar mapan itu melancong keluar negri, sudah berapa kali kah melancong keluar negri sana?
Setelah diingatkan sama teman di grup bisnis, bahwa saya harus membuat duplikasi usaha di berbagai kota, maka semakin tertantang saya untuk memulai membuat duplikasi usaha. Dengan semakin banyak cabang diluar kota, maka semakin murah saya dalam mendapatkan barang. Supplier juga tidak merasa rugi kalau saya beli lebih murah, karna supplier  terjual barang nya dalam jumlah banyak. Supplier juga akan semakin berkembang usaha nya, karna orderan banyak.....
Ingat mall terkenal, karna jaringan nya sudah kuat, mall bisa menekan harga ke supplier, jadi beli ke supplier sangat murah. Bahkan barang dari supplier pakai sistem konsiaysi, hanya yang barang yang laku saja yang dibayar. Barang Yang tidak laku, dikembalikan ke supplier. Jadi MALL Besar akan semakin untung dan semakin kuat ekonomi nya. Padahal usaha MALL dari modal para supplier kecil yang titip barang.
Nah sekarang, siapakah yang punya MALL Besar tersebut? Apakah pengusaha pribumi? Atau Pengusaha Asing? Teman teman tentu sudah tahu jawab nya. Cuma selama ini, kita hanya bisa berkomentar tanpa ada arahan untuk maju secara berjamaah.
Untuk toko online besar juga dimodali oleh pemodal asing....
Kalau kita tidak berjamaah dalam ekonomi, tidak berjamaah dalam berbisnis maka kita akan semakin sulit, karna modal kita kecil, sementara modal mereka kuat. Ambil contoh baju muslim dari Cina sdh masuk ke Indonesia, kalau produk Cina dijual dengan harga jauh dari harga yang dibuat oleh produsen baju muslim lokal, maka jelas akan mati produsen lokal. Misal baju muslim koko, dipasaran harga 80ribu modal nya kalau dibeli di tanah abang, sekarang produk Cina dengan kualitas yang sama dijual hanya 30ribu, tentu jelas orang akan beralih ke produk CINA.
Berikut ini analaisa saya kenapa orang Indonesia lebih suka belanja produk asing...
1.      Promo mereka gencar di media TV. Sementara kita untuk membayar satu slot iklan di TV saja gak sanggup.
2.      Mereka promo di Media Cetak yang mainstream. Seperti Kompas, Tempo dll. Nah pengusaha kecil, mana kuat bayar iklan...jangan kan untuk iklan, untuk bayar karyawan yang berkualitas saja gak sanggup.
3.      Kualitass layanan mereka standar dan sangat memuaskan, sementara usaha pribumi layanan banyak yang asal asal saja dan tidak punya standar layanan.
4.      Mutu produk mereke teruji dan bagus, sementara usaha lokal hanya buat produk asal jadi.....
5.      Lokasi jualan Mereka sangat strategis dan besar, sementara kita bagaimana? Asla bisa berjualan saja, karna modal terbatas.
6.      Mereka COD, alias barang sampai baru dibayar. Sistem Mereka sudah canggih, jadi sangat menghemat biaya.
7.      DLL
AYO Bangun dari mimpi, dan terus berkarya....
Kalau kita tidak mulai sekarang kapan lagi?
Kalau tidak Kita siapa Lagi?
Mudahana dengan membentuk Copy Paste Usaha, Usaha berjamaah akan menjadi solusi untuk bangkit.
Dalam berbisnis itu yang paling mahal adalah biaya promosi, kalau biaya promosi bisa dipangkas, maka profit akan semakin besar diperoleh dan harga barang semakin murah.
Dalam berbisnis itu ada biaya pengiriman barang, kalau kirim barang dalam jumlah banyak tentu akan menghemat ongkos kirim. Untuk pembeli luar dalam kota tersebut, cukup beli ke distributor terdekat, ini sangat menghemat waktu delivery dan ongkos kirim barang....
Kalau disimpulkan, Kalau buka toko Cabang toko baju muslim di Kota Anda, akan ada bbrp keuntungan, diantaranya.
1.      ongkos kirim nya akan lebih murah
2.      Harga Barang lebih murah, karna beli dlm jml banyak
3.      Ongkos kirim ke pembeli akan lebih murah, karna hanya ongkos kirim dalam satu kota.
4.      Waktu Delivery lebih cepat
5.      Profit bisa lebih besar
6.      Pengalaman pahit tidak perlu diulang lagi
7.      Jaringan Bisnis semakin banyak
8.      Mengurangi biaya iklan
9.      Toko kita cepat dikenal orang
10.  Standarisasi display, karyawan, dan pembukuan
11.  Barang Murah terjual Mahal, profit besar
Bila Anda tertarik untuk maju bersama mari bergabung dengan kami, memasarkan baju muslim...

Wassalam
Afrizal
08131552-7965