Tuesday, January 08, 2013

Mulai lagi dari NOL

Cerita tamu yang datang di Sabtu Sore, tgl 5Januari 2013.

Seseorang ingin ketemu sama saya, dia ingin konsultasi bisnis sama
saya. setelah disepakati jadwal nya, akhir nya saya ketemu. Dia datang
sama istri nya....
Dia cerita banyak tentang usaha nya, selama ini dia usaha hanya
membesarkan teman nya, ketika sdh besar, teman itu menganggap dia
hanya sebagai karyawan bukan sebagai partner.

Sekarang dia mau mulai dari nol lagi katanya. Apa nasehat untuk saya
pak kata nya?
Biasanya tamu yang datang biasanya diskusi masalah usaha saya,
bagaimana bekerja sama, tapi ini beda.

Saya berfikir, nasehat apa yang cocok untuk Bapak ini ya? dia sdh 3thn
berusaha, tapi masih tampak hasil nya.

Saya : Ketika Bapak ikut seminar "Apa yang Bapak dapatkan?"
Teman : "Semangat saya mengebu ngebu pak" ingin mulai usah lagi. ingin
bangkit lagi.
Saya : Setelah seminggu, apa semangat itu masih ada?
Teman : "Kendor lagi"
Saya : Jadi yang penting apa pak?
Teman : "Pemberi semangat dan penjaga semangat"
Saya : Ketika baca buku, apa yang Bapak dapatkan?
Teman : Semangat dan Ilmu. Rasanya ingin menerapkan isi buku tsb.
Saya : Setelah 3 hari tak baca buku, apa yang dirasakan
Teman: kendor lagi semangatnya....
Saya : Jadi yang dibutuhkan apa?
Teman : "Pemberi semangat dan penjaga semangat"

hmmmm ternyata pertanyaan saya bisa dijawab sama Bapak tersebut, tanpa
saya yang menjawab nya.
Lalu giliran istrinya yang cerita, saya perhatikan istri nya punya
ilmu komunikasi yang bagus, punya sifat kepemimpinan....

Saya : Setelah saya perhatikan istri Bapak lbh mempunyai Sense of
Bisnis, maaf ya pak. Jadi saran saya tidak apa kita sebagai suami
membantu usaha istri. Bisa saja Allah memberikan kelebihan kpd istri,
jadi rezeki melalui istri. Jadi Bapak tidak apakan kalau Bapak yang
bantu usaha istri. Saya dulu bisnis baju muslim ini juga awal nya
usaha istri, tapi ketika saya yakin bahwa usaha layak untuk
diteruskan, saya yang terjun di bisnis ibu-ibu ini, jadi saya keluar
kantor dan fokus dalam bisnis.
Dalam keluarga, kita harus saling dukung mendukung, tidak boleh si
istri merasa lebih berkuasa thdp suami walau suami membantu kerjaan
istri.

teman : Jadi saya mulai dari mana pak? saya sdh sering menjalani agen,
bisnis asuransi sudah saya jalani, bisnis jual air sdh jalani, servis
sama teman juga sdh ditekuni, sdh banyak pak. Tapi belum bisa seperti
pak Afrizal, gimana cara nya pak?
Saya : Gini saja pak, Bapak kan punya keinginan, nah tulis tuh
keinginan nya dan tempel di pintu kamar. Ini akan menjaga semangat
terus....
Teman : Usaha nya apa pak? Saya sdh sering gagal
Saya : Bapak diskusi saja istri, kan tidak masalah kan membantu usaha
istri. Bisa saja membesarkan bimbingan belajar punya istri sendiri,
atau Bapak berjualan, atau bapak beternak Ayam.
Istri teman : "Saya ingat suami saya hobby beternak ayam", jadi ingat saya
Saya perhatikan wajah istri nya sudah mulai tampak ceria, dan tampak
ada titik solusi....mungkin ternak yang cocok utk suami saya.
Saya : "bisa jadi Bu"

Sekarang ibu tulis saja 3 usaha yang mungkin dikerjakan. Tanpa
memikirikan faktor penghambat nya. 3 usaha itu yang menurut Bapak dan
Ibu yakin akan berkembang. nanti di pagi hari tinggal di doakan saja
mana yang terbaik diantar 3 usaha tersebut. Minta bantuan kpd Allah
SWT untuk memberikan jalan nya.

Saya : " Dalam Usaha itu ada 4 hal, pertama Market, kedua Produk,
ketiga SDM, keempat Financial"....

Teman : Nah sekarang misal saya mau usaha servis AC, apakah akan ada pelanggan?
Saya : Kitakan tidak tahu apa yang terjadi di depan, yang penting kita
berusaha, berikhtiar, bekerja keras dan bekerja cerdas....masalah
rezeki bukan urusan kita.
Saya : "Kewajiban kita hanya berusaha dan berdo'a"
Teman : Ya pak...
Saya : setelah diputuskan akan memulai usaha, maka dibuat saja
langka-langkah yang akan dikerjakan agar target Bapak tercapai.
Saya : Sekarang mulai saja, buat plan, buat bosur, mendekorasi/mencari
tempat usaha...

Akhirnya diskusi itu disepakati yang lebih diutamakan adalah keutuhan
keluarga, bukan bisnis.
Diakhir pertemuan, pasangan suami ini tampak lebih ceria....

Wassalam
Afrizal
"suadagar baju muslim yang sdh 7kali melawati lebaran"

www.bajupoeti.com
HP/Whatsapp 081315527965
www.bekasigrosir.com
Tas dan Sepatu Consaka