Saturday, November 14, 2009

Bisakah Usaha modal < 5juta

Usaha modal 5juta

Satu lagi peluang usaha untuk mengurangi penganguran, membuka peluang usaha…

Saya akan ceritakan kisah Pelanggan saya yang bernama bu Yuni…Ooo ya bisnis bukan ini, tapi bisnis baju muslim…

Kenapa saya ceritakan ke Milist ITB, saya yakin alumni punya banyak modal, ingin membantu orang untuk membuka usaha, mengurangi pengangguran, bantu saudara, dll. Konsep nya “Berikan Pancing bukan ikan nya”

Didepan CIMART (Mart teman2 di CIkarang, lihat di http://ubcimart.com/) ada yang jualan teh buatan sendiri juga namanya pak Wawan. Dan satu lagi pelangan saya nama bu Yuni.

Cerita bu Yuni, setiap hari penjualan nya diatas 1000 (seribu) gelas / hari. Memperkerjakan 2 orang, ditambah dia dan suaminya, jadi semua 4 orang yang terlibat.

Bagaimana cara pemasaran?

Karna gurunya saya, jadi bu Yuni memasarkan seperti gurunya juga, barang tidak dia sendiri, tapi dipasarkan sama orang lain, seperti

1. Dibawa sama karyawan ke Pabrik-pabrik/koperasi pabrik.

2. Dititipkan ke sekolah-sekolah

3. Dititipkan ke Warung.

Dulu bu Yuni berjualan dikeramaian, tapi sekarang bu Yuni, yang mensuplai ke beberapa pedagang di keramaian tsb.

Apa yang dibutuhkan?

Ya delivery ke warung, sekolah dan pabrik.

Berapa Profitnya pedagang?

Satu gelas Teh dijual 2ribu/pcs ke konsumen. Untuk Koperasi pabrik harga 1500, jadi koperasi dapat profit 500.

Profitnya nya berapa?

Kayaknya gak enak ya, dikasih tahu dimilist…Yang jelas suaminya sdh berani keluar kantor, karna gaji suaminya masih diatas UMR. Menurut saya sangat mengiurkan. Kalau dimisal profitnya 300/gelas, terjual 1000gelas. jadi 300ribu/hari. Perbulan diatas 6.6jt (300rbx22 hari )ya….tapi ini perkiraan….lho…karna bisa lebih..

Gimana Cara mendapatkan Mesin Press?

Alat press bisa dibeli di Kelapa Gading.

Berapa harga mesin press?

Harga sekitar 1.1 juta.

Berapa harga plastik penutup yg ada logo?

Harga satu gulung sekitar 200ribu. Isi satu gulung sekitar 2000pc, jadi modal plastik tutup 200rb/2000= Rp. 100.

Apa plastik tutup bisa dibuat?

Bisa, tapi perlu modal besar, sekitar 12juta. Jadi kalau pak Fery bikin nama FK-10, bisa…jadi lebih murah

Berapa modal buat gerobak?

Harga sekitar 1.2 juta. Kalau bu Yuni hanya dirumah saja, gak pakai gerobak, sama juga dengan awal-awal saya berbisnis….tanpa modal sewa tempat.

Kalau pakai gerobak, apa bisa digabung dgn brg dagangan lain?

Bisa saja, misal dengan minuman teh botol, minuman, rokok dll

Apa bisa di Mall?

Bisa karna minggu lalu saya ketemu sama teman, dia jual di Mall juga, dan malahan profitnya lebih besar dibanding dia jualan es krim francise.

Apa ada lagi pertanyaan?

Apa saya gak tertarik bisnis ini? wah cukup lah pelanggan saya bu Yuni, saya bantu saja…he3x…

Tetap semangat berdo’a, semangat bekerja, semangat berkarya…Insya Allah sukses…