Sunday, May 24, 2009

Photo saat Jadi pembicara di PM


Photo saat Jadi pembicara di PM, Gedung BBPT, tgl 22Mei09.
Untuk memulai bisnis, berpikiran gampang saja, gak usah rumit-rumit, jangan berpikiran bagaimana kalau begitu, bagaimana kalau bangkrut, gimana kalau gak laku dll.

Dulu saya juga gak sengaja utk terjun di dunia bisnis, tapi sebelumnya saya sdh coba untuk berjualan. Pernah jualan baju anak di thn 1997, waktu masih kerja di IPTN. Pernah jual beli mobil di thn 1998.

Pengalaman sewaktu mencari mobil, harus pagi-pagi mencari pedagang koran, waktu itu kami masih tingal di Bandung. Kalau di Bandung, yg banyak pasang iklan mobil dijual adalah koran "Pikiran Rakyat". Kadang sebelum subuh saya sdh berangkat utk mencari mobil.
Ya itulah pengalaman utk mendapatkan mobil, kita telusuri semua alamat oran yang menjual mobil sampai saya tahu, kalau yang pasang iklan oran itu, pasti dari show room, bukan pemakai langsung.

Bisnis Baju muslim ini juga karna ingin membantu teman yang ingin usaha. Saya mulai dari mengambil barang sebanyak 800ribu, eee ALhamdulillah banyak peminat nya. Minggu berikutnya ambil brg sekitar 2juta,...eee habis juga. MInggu ketiga, baru saya ambil cuti, di hari Rabu.

Dulu saya berpikiran memasarkan baju hanya sebatas teman-teman se Cikarang saja, tapi setelah saya pikir, harus memasarkan produk keluar Cikarang. Saat itulah saya coba pasarkan produk saya di blog saya ini. Waktu di tahun 2006, memang gak banyak dapat pelanggan saat itu, saya yakin bahwa suatu saat akan banyak pelanggan dari WEB.

Alhamdulillah, apa yang saya inginkan tsb dikabulkan oleh SWT. Sekarang sdh mulai banyak pelanggan saya yang diluar kota. Dari Sabang sampai Mereuke. Ada pelanggan di TImika, di Monokwari dll.

Saran saya bagi yang belum punya usaha, mulai buat HAVE (Apa yang ingin kita capai dalam 6 bulan ke depan), DO (Usaha untuk mencapai Have tersebut. Dan yang terakhir adalah BE. BE Adalah sikap yang harus kita ubah kalau kita ingin jadi pengusaha sukses. Seperti sifat malas, sifat tidak amanah, tidak konsisten, sifat efektif.

Buat slogan sesuai keinginan anda...misal saya bajupoeti.com
B : Berani
A : Aktif
J : Jujur
U : Ulet
P : Produktif
O : Optimis...karna Allah SWT sdh menentukan rezeki kita
E : Efektif, tidak mau lagi mengerjakan pekerjaan sia-sia..
T : Tertib, bekerja terstruktur
I : Innovatif