Saat yang tepat untuk mulai...
Saat yang tepat...
Dalam berbisnis, kita harus tahu saat yang tepat untuk memulai bisnis....
Seperti halnya para petani yang tahu saat musim hujun, atau pemancing yang tahu saat ikan lapar....lokasi pemancingan, jenis ikan, makanan ikan dll
Kalau anda pemain Badminton, tahu saat akan memukul/smash keras? Agar bola nya langsung mati...tenaga tidak terbuang sia-sia.... tapi menghasilkan hasil yang memuaskan?
Dalam berbisnis baju muslim, rame pada saat mau puasa dan bulan puasa. Nah bagaimana agar kita juga kebagian panen besar disaat waktu tersebut? Kapan harus menyetok barang? Kapan harus promosi? Apa saja langkah-langkah nya?
Berikut ini kiat-kiat yang perlu dilakukan (berdasarkan pengalaman):
1. Mempromosikan produk ....Ini sangat penting, jadi dilingkungan kita, misal komplek, dibuat semua warga komplek tahu bahwa TOKO kita adalah menjual baju muslim terlengkap dan berkualitas. Promosi bisa pakai brosur, kalau anda kesulitan dengan pembuatan brosur/katalog. Minta ke supplier anda, biasanya supplier menyediakan. Buat brosur dengan toko anda sendiri....agar pelanggan semakin yakin dengan usaha anda....Jadi kelihatan lebih profesional...ini masalah pencitraan....kalau anda sudah dianggap Juragan baju..maka ini berarti sdh sukses...Pilih media promosi yang efektif. Media promosi yang paling efektif adalah promosi dari mulut ke mulut...
2. Pelanggan tetap. Kalau anda di toko, usahakan ada pelangan tetap yang terus berbelanja, ini akan membuat kita semangat dalam berjualan. Kalau toko sepi, jelas brg kurang berputar, semangat karyawan juga akan menjadi kendor....tapi kalau ada pelanggan tetap maka karyawan semangat datang tiap hari...
Penyuplai barang,
3. Berdo'a, Karyawan dan anda berdoa lah setiap hari sebelum toko dibuka. Berdo'a akan membuat anda yakin bahwa rezeki pasti ada. Jadi kalau ada pembeli datang, maka anda akan beranggapan bahwa calon pembeli tersebut akan membeli barang. Bukan beranggapan bahwa yang datang hanya sekedar melihat-lihat saja. Jadi karyawan/anda akan melayani calon pembeli tersebut dengan penuh semangat, penuh senyum, posisi badan yang ramah, enak dipandang. Jadi dengan berdoa anda akan semakin positif thingking...
4. Target Penjualan. Target penjualan sangat penting bagi produsen, ada baiknya anda membuat target penjualan ke produsen atau ke supplier. Produsen akan memprediksikan jumlah pembelanjaan/kebutuhan anda dalam setahun/bulan. Jangan terjadi, disaat kita lagi rame-rame nya kita tidak punya barang. Karna sistem produksi baju muslim ini sangat tergantung dengan tukang jahit, jadi tidak bisa dipaksakan hanya dibulan terakhir saja. Ini penglaman saya sewaktu membuat software Production Planning dicampur dengan pengalaman sekarang...Jadi produsen bisa memperkirakan jml kebuthan tukang jahit, bahan dll. Ingat musim panen tidak datang terus menerus...
5. Perbanyak team Marketing, Perhatikan gula, akan lebih cepat larut kalau gula nya kecil-kecil...
Kalau anda mempunyai satu toko, berarti hanya orang yang lewat didepan toko saja yang akan membeli. Artinya perlu dibuat toko toko yang lain. Kalau bisa di satu Mall anada memiliki lebih dari satu toko. Ibarat orang memancing, umpan dan pancing nya harus banyak....Tapi bagaimana kalau modal terbatas? Dipalnning kan dalam setahun lagi saya membuka toko satu lagi. Ini akan membuat anda termotivasi untuk berbisnis, menghemat pengeluaran, dan mencari investor. kalau anda berjualan di dirumah, usahakan anda memiliki downline yang banyak. Jadi kalau ada downline yang tidak aktif, kita masih mempunyai downline yang lain..
6. Pertahankan Pelanggan, Kalau anda sudah memiliki 100 orang pelanggan, maka usahakan untuk bersilaturahmi dengan pelanggan tersebut. Bisa saja silaturahmi nya melalui SMS, telpon, email, datang langsung, dll....Atau anda undang pelanggan tersebut untuk kumpul disetiap even, misal acara Agustusan, acara syukuran dll.
7. Promosi Melalui Internet, kadang kita mendapat projek disaat waktu mepet. Misal suatu PT akan mengadakan outbond, PT tersebut tidak merencakanan acara tersebut secara matang, artinya mendadak. Disaat itulah anda bisa memperkenalkan kemampuan nya ke PT tersebut, disaat orang lain tidak bisa mengerjakan, kita bisa mengerjakan, artinya kita dipandang lebih oleh PT tsb. Atau bisa juga karna PT tersebut dekat lokasi tempat usaha kita, jadi mereka efektif dalam waktu. Biasanya kalau sdh mempet, orang akan mencari kebuthan nya melalui web, jadi web sangat mendukung bisnis kita, selain menambah kredibilitas usaha kita. Usahakan memiliki web, paling web gratisan. Web juga sebagai media evaluasi bisnis kita dari tahun ke tahun. Kalau misal, blog kita sdh lama dibuat, berarti tingkat kepercayaan pelanggan semakin tinggi...Sdh penglaman...
8. Nilai Lebih...Kenapa orang beli ketempat kita? Bisa karna unsur teman (maka perbanyak networking), bisa karna barang berkualitas, bisa karna harga bersaing dll. Bisa karna waktu layanan nya lebih lama, bisa karna keramahan dll. Jadi buat nilai lebih dari Usaha anda dibanding usaha orang lain....
Ok, segitu dulu kiat-kiat sukses
NB Kami sangat senang bila anda semakin sukses, semakin senang banyak yang sukses....
wassalam
Afrizal MT
0813-1552-7965 (HP)
021-33877086 (Flexy)
021-982-93128(esia)
0852-844-61663 (SMS Center POETI)
www.bajupoeti.com
www.katalog.poeti.blogspot.com
www.poeticollection.blogspot.com
YM : afrizalsyafri
<< Home