Saturday, November 07, 2015

Cerita Ibu ibu yang ber omset 5Milyar Jualan Katalog

Ingat kata pkk Yusuf Kalla, bisnis itu adalah menjual. Menjual memberi nilai lebih pada satu barang.
Saya dpt cerita bagaimana seorang ibu rmh tangga mempunyai 1,5 milyar per tahun utk satu produk.
Sebelumnya saya tdk percaya kok bisa jualan sepatu saja sdh omset 1,5M pee tahun. Lalu teman menjelaskan k saya sistem pemasaran nya.
Ibu ini mengelola arisan, arisan dibayar tiap hari. setiap 10hari ada yg dpt arisan.
Dalam waktu enam bulan arisan selesai, karna peserta arisan hanya dibatasi utk 18orang.
Ketika saya dpt katalog arisan barulah saya percaya. Ternyata ibu ini tdk menjual satu produk tapi banyak produk. Misal arisan mukena tiap hari 1000. Selama satu bulan jd 30rb. Enam bulan jadi 180rb uang terkumpul. Jadi mukena dijual seharga 180rb.
Yang bisa saya simpulkan dari ibu ini berjualan adalah dia mempunyai pelanggan arisan. Jadi kalau disebarkan katalog pasti kebanyakan ibu ibu rumah tangga ada ikut. Jadi ibu ini sudah punya wadah utk mengumpulkan orang lain dgn wadah komunitas ibu ibu arisan.
Nah bagaimana pola ini diterapkan di komunitas kita?
Saya rasa kalau teman teman jeli dengan kebutuhan komunitas maka peluang bisnis akan tampak.
Misal kalau ada acara tda di Medan ada teman teman dari jkarta yg ikut utk promo produk nya, tentu akan lebih cepat dikenal oleh orang medan. Bandingkan dengan biaya kalau kita yang kumpulkan orang tentu biaya akan lebih besar.
Misal di tda banjarmasin mengadakan acara seminar "mengembangkan bisnis di zaman internet" tentu yg hadir adalah para pelaku bisnis atau yg akan memulai usaha. Jadi diacara tersebut saat yg tepat utk promo produk.
Promo melalui mulut pembicara jg sangat mmpengaruhi calon pelanggan. Kalau sekiranya pada saat pesta wira usaha kemaren pak TDW mnyebut nama saya "mantan karyawan sukses di bisnis baju muslim", insya Allah akan semakin banyak pelanggan saya.
Terakhir sebelum tidur dan berdoa.
Fokuslah dengan cara pemasaran produk anda. Bisa berjualan di FB, tweeter, web, metode keagenan, metode stokist atau seperti berjualan di tanah abang. Ooo ya ada jg yg sukses berjualan melalui BB. Ada yg sukses berjualan sistem canvasing.