Monday, June 01, 2009

Membiasakan Anak

Jumat dan Sabtu adalah hari pertama saya membawa anak saya (Arbi 2thn) ke Masjid. Karna baru pertama kali saya bawa ke Masjid, ada rasa was-was juga, takut ribut di Masjid, tapi Alhamdulillah gak terjadi apa yang ditakutkan. Ternyata Arbi diam bersama kakaknya Alief. Pada hari kedua, saya jadi Imam di Masjid, Arbi juga diam saja bersama kakaknya yang lagi shalat.
Mungkin Arbi sering liat kakaknya Shalat, sering lihat Bunda nya shalat, dan gak pernah menganggu....
Setiap hari kami sering menanyakan ke Arbi "Apakah sdh shalat" Jawabnya "DAH" walau belum ....
Paling Arbi kalau shalat sekali angkat tangan, dan habis itu ngacir.....tapi yaa gak apa-apa, yang penting, pesan saya ke anak sdh sampai, bahwa shalat harus ditegakkan....
Mungkin karna sdh biasa jadi bukan hal yang aneh, misal kalau kakaknya Arbi pegang buku yang baru, pasti akan direbut. Tapi kalau kakaknya pegang Al Qur'an, Arbi diam saja mencari mainan yang lain. Yaaa, kami membiasakan setiap habis magrib, jatah nya anak-anak utk tadarus, dan pada pagi Bpk/Ibunya yang tadarus....
Mungkin juga dalam hal komunikasi, kalau Bpk/Ibu nya jarang ngomong sama anak, takutnya kalau sdh dewasa, anak ada masalah curhat nya bukan pada orang tua, tapi ke teman nya...Jadi kami membiasakan diri untuk berkomunikasi setiap habis magrib...
Memang Hidup itu Indah....