Friday, December 11, 2009

Mudahkan Urusan Saudara maka...



Sebelum kita berangkat haji, kita sering diberi tausiah oleh Ustad pembimbing (Ust Sonai). Mungkin ini salah satu enaknya kita berangkat haji pakai KBIH, dimana pembimbing nya terus memberikan tausiah, baik di Mekah maupun di Madinah. Kita sering mendapat siraman rohani. Mungkin akan berbeda kalau kita berangkat pakai haji mandiri. Apalagi kalau pembimbing nya punya jaringan Ustad lagi, jadi ust Sonai bisa undang ustad yang lain untuk memberikan tausiah. Jadi Ustadnya berfariasi. Siraman rohani akan membuat kita semakin mantap untuk beribadah, iklash dan bersemangat.

Beberapa nasehat Ustad adalah "Bila kita memudahkan urusan saudara kita maka Allah akan mudahkan urusan kita". nasehat yang lain adalah "Bila kita melayani tamu Allah (jamaah Haji), maka berarti kita memuliakan Allah".

Kata-kata "Melayani Tamu Allah" yaaa itu tertanam di dalam benak saya. Lalu sebelum berangkat niatkan itu juga. Saya akan membantu pak Tua, usia 85 tahun, pak Woto. Pada saat saya kenal beliau, orang nya rendah hati. Asal Jawa, tapi sudah lama merantau ke Aceh. Nasehat lain dari Ustad adalah "Kita tidak tahu amalan apa yang membuat kita masuk surga, jadi beramal sebanyak2 nya". Jadi saya niatkan "saya akan bantu pak Woto", karna beliau berangkat sendiri. Kebayang bagi saya bagaimana ya kondisi nya disana? karna sudah tua. Saya akan bantu dia mengangkat koper, pengurusan surat-surat, dll.

Ketika sampai di jedah pak Woto harus pakai pakaian ihram, takut tertinggal, takut surat hilang dll. Disini saya rasakan betapa stress pak W ini, lalu saya bantu beliau.....takut tertinggal karna banyak orang, takut terpisah, dll. Ku lihat napas nya begitu cepat, tapi setelah diminta untuk tenang baru reda nafas nya.....
Alhamdulillah selama di Mekah, pak W lancar saja, karna beliau enak diajak ngobrol, tidak sombong. Jadi banyak juga teman haji yang lain untuk membantu beliau.

Yaa tidak sombong, bukti nya yang tua sehat saja selama di Mekah, bahkan yang muda2 banyak
yang sakit.

Kalau kita kaitkan dengan bisnis, tidak sombong, maka kita akan banyak teman, makin banyak supplier kita.
Wassalam
Afrizal MT