Thursday, November 05, 2015

Cerita November 2014, Edisi Kakak ke Cikarang

Cerita November 2014, Edisi Kakak ke Cikarang.

Kami 9 bersaudara, kakak yang paling sulung perempuan. Sebut saja nama nya Uni. Uni sebelumnya berjualan Emas di Tembilahan-Riau. 10thn yang lalu Uni banting stir jualan Obat. Karna kondisi keamanan maka Uni beralih jualan obat.
kenapa jualan Obat? Karna Uda Ipar (Sumando) punya jaringan pedagang obat besar di daerah Riau, jadi segala supplier obat akan mudah didapat.
Seminggu yang lalu, Uni berkunjung ke rumah saya di Cikarang. Jadi kami bisa bicara bisnis lebih lama..
dari obralan bisnis, kira kira inti pembicaraan
1. Bagaimana mendapatkan profit?
2. Bagaimana supplai barang,
3. Bagaimana mempertahankan pelanggan...
berjualan itu ada seni mendapatkan profit. Kadang profit tidak bisa dihitung porsentase. Misal omset 10jt per hari, belum tentu profit 10% (jadi 1juta). Uni cerita kalau jualan obat, seperti obat umum, untung nya tipis. Misal 48rb dijual 50rb. Kecil sekali yah? Tapi kalau jualan yang, modal 5ribu bisa dijual 10rb.
Memang sekarang lagi sepi, karna hasil kebun berkurang, tapi masih 15jt lah kata Uni. Hebat tuh Uni, saya juga sepi jualan baju muslim nya, tapi masih dibawah Uni per hari nya. kalau Toko sepatu omset rata rata per hari masih diangka 4jt. Tapi ya disukuri, sambil kita memperbaiki cara berdagang dan barang nya.
Uni dari berjualan Emas ke jualan Obat apa tidak pusing? Kan jualan obat ada resiko kadaluarsa, salah obat dll. Gak juga tuh, lama lama kita bisa hafal sendiri kegunaan obat nya. Sekarang usaha Uni dibantu oleh anak nya yang seorang apoteker.

Berjualan paramex, Bodrek dll, itu untung nya sangat tipis, hanya dapat 2ribu per slop nya. tapi barang tersebut harus ada...Mungkin sama halnya dengan toko sepatu saya, barang seperti Specs, Gats, Pakalolo, Dans dll diskon nyasangat bersaing sekali dipasar. Kadang pelanggan beda 1ribu bisa pindah ke toko sebelah....jadi harus pintar pintar menarik hati pelanggan...
Ooo ya teman teman omset turun suatu hal yang biasa, yang penting semangat tidak turun....doa nya tidak turun...Insya Allah akan masa panen besar.


Wassalam
Afrizal
www.bajupoeti.com
www.bekasigrosir.com
HP/Whatsapp 081315527965
BB 21B70100
FB afrizalsyafri