Thursday, November 05, 2015

Merancang Bisnis Jalan Tanpa Ada BOS di Toko

Cerita September 2014...
-----
Sekitar jam 2 malam, saya terbangun....
Lalu terpikir bagaimana toko sepatu yang baru?
Toko sepatu yang baru dua hari diambil alih alias take over...
Bagaimana catatan keuangan nya?
Toko masih baru barcode atau kode barang belum semua....sementara item brg banyak sekali...
Saya ingin toko jalan lancar dan uang masuk semua k owner...
Maksudnya tanpa ada saya atau karyawan yang pengalaman di sistem komputerisasi, maka aplikasi toko harus jalan terus. Jadi pencatatan uang masuk toko harus melalui komputer tidak secara manual.
Permasalahan yang muncul adalah selama ini harga jual tidak dientry alias diambil dari sistem.
Permasalahan kedua adalah ada barang yang tidak atau belum ada kode barcode.
Akhirnya muncul ide kode sementara. Dibuat saja barcode misal S1 itu barang yang modal sktr 100rb. Nanti harga diinput manual....
Jadi saya modif beberapa future program
Alhamdulillah....selesai juga program nya...
Semoga besok dpt diimplementasikan di toko sepatu baru...
Semoga konsep toko bisa jalan lancar tanpa owner ada di toko....
Jadi owner bisa menjalankan hal hal lain.
Kemaren saya jadi kasir toko tanpa komputer. Wah repot juga kalau gak ada komputer....tidak bisa hitung untung tidak bisa cek barang yg terjual...dll
Dari take over toko sepatu semi grosir ini saya dapat banyak pengalaman dari para pedagang sepatu. Kebanyakan orang Padang yang jualan sepatu berasal dari Pariaman...
Akhir nya saya berkenalan juga dengan bbrp pengrajin sepatu hand made....
Berkenalan juga dgn supplier sepatu branded....seperti Nike, Specs, Gats Pakalolo....dll
Berkenalan juga dengan supplier barang atau sepatu tangerang...
Doakan ya teman teman semoga saya bisa memperkerjakan 50org karyawan di toko sepatu....
Saya ingin toko jalan tanpa ada bos di toko....membuat sistem yang running dan berkembang....
Afrizal, MT
saudagar Muslim Sukses dan Berkah
www.bajupoeti.com
www.bekasigrosir.com
wa 081315527965