Thursday, November 05, 2015

Sudahkah Anda Online Kan Usaha nya?

Cerita September 2015
-----
 
Seminggu yang lalu saya belanja di tempat grosir di Jakarta. Saya lihat seorang ibu juga belanja. Usia nya sekitar 35thn.
Saya : "Ibu jualan dimana?
Ibu : "Di Bekasi Pak"
Saya : "Jualan nya di mall apa di rumah?"
Ibu : "Saya jualan online saja pak, gak di toko"
Saya : "Bagaimana omset nya bu?"
Ibu : "Ya lumayan pak, lagian saya hanya sekali seminggu".
Saya : "Jualan dimana saja?"
Ibu : "BB, wa dan FB saja"
Saya : "Apa ibu sudah ikut komunitas bisnis?"
Ibu : "Belum, kalau Bapak jualan online juga?"
Saya : "Ya, kalau bisa ikut komunitas bisnis seperti tangandiatas, pengusahapks, pengusaha Muslim dll"
Ibu : "Bagaimana cara nya?"
Saya : "Google saja bu, gampang kok. Dengan ikut komunitas kita bisa saling berbagi"
Setelah selesai ngobrol bisnis online, kami pun berpisah.
Ketika menunggu di depan lift saya lihat seorang wanita muda berdiri juga di depan pintu. Entah kenapa saya ibgin ngobrol dengan mbak tsb. Usia nya masih dibawah 30thn.
Saya "Habis belanja teh"
Mbak : "Ya pak"
Saya : "Sering belanja disini"
Mbak : "Hanya sekali seminggu.  Karna saya adalah masih karyawan di sebuah perusahaan, jadi hanya bisa belanja tiap Sabtu saja"
Mbak : "Saya ingin usaha sendiri saja, maka nya saya latihan berjualan. Omset sdh lumayan sih pak, tapi masih belum siap mental"
Karna pintu lift  sdh terbuka akhir nya kami berkenalan dan berpisah...
Dari dua orang yg saya temui dan saya ajak ngobrol,  ternyata para pedagang online....
Lalu saya lihat pedagang di Tanah abang. Kelihatan sepi sih tapi proses paking barang masih jalan. Ternyata kebanyakan pedagang dari daerah sdh pesan via WA dan BB sekarang. Kata teman pemain di tanah abang, kakau hanya mengandalkan pembeli yg datang k tanah abang labgsung akan berat untuk bertahan. Jadi pedagang tanah abang sdh banyak juga yg memanfaatkan teknologi BB dan WA.
Karna krisis skrg, jadi banyak pedagang yg hanya belanja sedikit dikit  jadi pesan barang via WA saja. Untuk yg daerah jakarta Bogor juga begitu. Jadi pesan barang juga via HP dan nanti minta dikirim via GOJEK. hanya 15rb jauh dekat di jam sepi.
Ayo teman trman onlinekan usaha Anda.
Afrizal
saudagar Muslim Sukses dan Berkah
www.bajupoeti.com
www.bekasigrosir.com
wa 081315527965